Tutorial Lengkap Cara Screenshoot Di Laptop

Tutorial lengkap cara screenshoot di Laptop

Bagi anda yang sudah sering menggunakan laptop, mengambil screenshot untuk berbagai macam keperluan sebenarnya bukanlah hal yang baru. Fitur ini bahkan sudah ada dalam sistem operasi bawaan hingga berbagai macam aplikasi yang tersedia di pasaran.

Namun mungkin ada sebagian dari anda yang masih belum paham mengenai cara melakukan screenshot di laptop anda. Atau anda mencari artikel ini hanya sekadar untuk mengetahui cara-cara lain untuk melakukan screenshot di laptop anda barangkali.

Apapun tujuannya kami berharap artikel ini bermanfaat bagi anda dengan telah merangkum beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk mengambil screenshot di laptop anda.

Kami mencoba merangkum cara screenshot laptop untuk sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, serta kami merangkum secara khusus beberapa cara screenshot laptop pada sistem operasi Windows 10 sebagai berikut.

Cara Screenshot Laptop di Windows XP

Meskipun kami pribadi berpendapat bahwa sistem operasi ini sudah sangat usang, yang ditandai dengan berhentinya Microsoft menyediakan layanan apapun termasuk update untuk sistem operasi ini, kami merasa siapa tahu masih ada yang membutuhkan informasi mengenai hal ini.

Untuk melakukannya anda cukup menekan tombol Print Screen atau PrtSc yang biasanya terletak di pojok kanan atas keyboard anda. Setelah menekannya anda cukup menekan Ctrl+V di program apapun yang memiliki kemampuan untuk paste gambar misalnya paint, atau bahkan Microsoft Power Point dan Microsoft Word.

Cara lain yang dapat anda lakukan adalah untuk mengambil gambar jendela spesifik. Caranya adalah dengan menekan tombol Alt+PrtSc secara bersamaan. Setelah itu anda bisa melanjutkannya dengan proses yang sama seperti sebelumnya.

Cara Screenshot Laptop di Windows Vista dan Windows 7

Related Article:  Cara Mengirim Email Gratis Menggunakan G-Mail

Selain dari kedua cara diatas. Ternyata Windows Vista dan Windows 7 dibekali oleh Microsoft metode lain yang dapat anda lakukan untuk melakukan screenshot. Caranya adalah dengan menggunakan Snipping tools.

Fitur ini dapat anda temui pada seluruh versi Windows kecuali edisi starter dan basic serta tentunya Windows XP. Untuk membuka fitur ini anda bisa menekan tombol Start, lalu dilanjutkan dengan memilih All Programs dan dilanjutkan kembali dengan memilih Accessories serta klik Snipping tool.

Anda dapat mengambil area screenshot secara spesifik di layar monitor anda menggunakan aplikasi ini. Caranya adalah dengan klik new lalu save setelah selesai mengambil screenshot. Mudah bukan?

Cara Screenshot Laptop di Windows 8

Keunggulan dari sistem operasi ini adalah bahwa Microsoft telah membekalinya kemampuan untuk menyimpan screenshot yang anda ambil secara otomatis ke folder spesifik.

Untuk melakukannya anda cukup menekan tombol windows dan Print Screen secara bersamaan. Kemudian hasil dari screenshot akan tersimpan secara otomatis di dalam pictures library.

Selain dari itu tentunya anda bisa melakukan screenshot menggunakan fitur yang sebelumnya sudah ada di Windows XP, Vista, maupun Windows 7, misalnya snipping tools.

Cara Screenshot Laptop di Windows 10

Menggunakan Snipping Tool

Cara pertama adalah menggunakan snipping tool yang sudah ada sejak era Windows Vista. Untuk menemukan fitur ini anda cukup tekan start lalu all programs, klik windows accessories.

Di dalamnya anda akan menemukan snipping tools. Untuk menggunakan aplikasi ini anda cukup klik new untuk memulai prosesnya. Jenis snip dasar yang bisa anda gunakan adalah snip persegi panjang.

Anda dapat menggunakan mouse anda untuk memilih area layar yang mau anda ambil. Yang menurut kami baru di sini adalah tersedianya fitur free form, window, hingga full-screen snips yang berarti aplikasi ini cukup lengkap dalam hal pengambilan screenshot.

Related Article:  Cara Membuat Blog Mudah Menggunakan Wordpress

Setelah mengambil screenshot jangan lupa untuk melakukan save secara otomatis sebelum anda keluar dari jendela aplikasi.

63 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten