Trik Ms. Word: Cara membuat daftar isi di Word

Trik Ms. Word: Cara membuat daftar isi di Word

 

Bayangkan jika Anda sedang membutuhkan informasi mengenai sesuatu di sebuah buku dan buku tersebut memiliki halaman yang sangat tebal. Tentunya mencari di setiap halaman satu-satu akan menghabiskan waktu. Maka dari itu dengan adanya daftar isi akan membantu Anda menemukan informasi yang Anda cari dengan mudah dan cepat. Word memungkinkan Anda untuk memasukkan daftar isi, membuatnya mudah untuk mengatur dan menavigasi dokumen Anda.

Daftar isi sama seperti daftar bab di awal buku. Ini daftar setiap bagian dalam dokumen dan nomor halaman di mana bagian itu dimulai. Daftar isi yang sangat mendasar mungkin terlihat seperti ini:

Halaman Judul                                                                                                              1

Halaman Pengesahan                                                                                                    3

Kata Pengantar                                                                                                             5

Daftar isi adalah panduan di awal dokumen yang memberi tahu pembaca di mana menemukan bagian-bagian dalam dokumen. Daftar isi mencantumkan judul bagian dan nomor halamannya yang bersesuaian. didasarkan pada judul bab atau bagian, sedangkan indeks, yang muncul di akhir dokumen, menggunakan kata kunci untuk mencari informasi.

Anda dapat membuat daftar isi secara manual dengan mengetikkan nama bagian atau bab atau sub bab dan nomor halaman. Tetapi cara manual ini akan sulit sekali di edit jika terjadi revisi dan perubahan. Namun, dengan pemformatan yang benar, Word dapat membuat dan memperbarui daftar isi secara otomatis. Ingin tahu caranya? Ini dia. Cara membuat daftar isi di word ini menggunakan ms. Word 2013. tetapi dengan cara dan metode yang sama bisa di terapkan di ms.word 2010 dan 2007

Terapkan Heading Style

Heading style yang berada di bagian menu home adalah cara mudah untuk menambahkan pemformatan teks profesional ke berbagai bagian dokumen Anda. Ini juga melayani tujuan lain yang penting yaitu menambahkan lapisan organisasi dan struktur tersembunyi ke dokumen Anda.

Related Article:  Cara Upload Video ke Youtube Lewat Ponsel Anda

Untuk menerapkan heading style, pilih teks yang ingin Anda format, lalu pilih judul yang diinginkan di grup styles pada tab home. Tepat di sebelah kanan tab paragraph.

Masukkan daftar isi

Sekarang untuk bagian yang mudah! Setelah style heading di terapkan, saatnya membuat table of content atau daftar isi. Tenang saja, ini sangat mudah hanya dengan berapa langkah dan klik-klik jadi. di ms.word pilih tab Referensi atau references, lalu klik paling pojok kiri yaitu table of contents. Silahkan pilih tabel bawaan dari menu yang muncul, dan daftar isi akan muncul di dokumen Anda.

Daftar isi juga membuat tautan untuk setiap bagian, memungkinkan Anda untuk menavigasi ke bagian-bagian berbeda dari dokumen Anda. Cukup tahan tombol Ctrl di keyboard Anda dan klik untuk masuk ke bagian mana pun.

Perbarui bila perlu

Jika Anda ingin mengedit atau menambah dokumen Anda, mudah sekali untuk memperbarui daftar isi. Cukup pilih daftar isi, klik Perbarui Tabel, dan pilih Perbarui Keseluruhan Tabel di kotak dialog yang muncul. Daftar isi kemudian akan diperbarui.

Tidak peduli seberapa besar dan banyak halaman dokumen Anda, Anda dapat melihat dan mencari informasi penting tanpa kerumitan jika membuat daftar isi. Table of content atau daftar isi ini bisa di buat secara manual dengan pengetikan secara manual nama atau judul bab dan halaman bab tersebut. Tetapi cara manual ini tidak efektif jika dokumen Anda banyak dan akan sulit jika Anda ingin merevisinya. Nah cara yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan table of content yang berada di menu references di ms.word. cara membuat daftar isi dengan ms.word ini sangat mudah dengan cara-cara di atas. Tidak susah juga untuk mengeditnya. Bagaimana menurutmu?

Related Article:  Berapakah Budget Digital Marketing Yang Efektif Untuk Mendulang Kesuksesan?

 

68 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten