Cara Sharing Printer Melalui LAN

cara sharing printer melalui LAN

Sharing printer adalah salah satu cara mudah untuk melakukan print, terutama jika terdapat beberapa komputer dan hanya ada satu printer. Sharing printer biasanya dilakukan di kantor atau warnet, dimana orang ingin melakukan print melalui komputer masing-masing tetapi sulit jika semua komputer harus terhubung ke printer. Maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan cara sharing printer. Cara ini memerlukan jaringan LAN atau Locak Area Network yang terhubung melalui kabel atau wireless. Caranya adalah:

  1. Dengan jaringan LAN atau Wifi biasa

Cara pertama dilakukan dengan menggunakan jaringan LAN tapi tanpa proteksi. Cara ini adalah yang paling mudah karena bisa langsung dishare. Sharing printer dengan cara ini dapat dipraktekkan di Windows 7,8, dan 10. Tetapi setiap komputer harus terhubung, bisa berbasis wireless atau dengan kabel. Cara sharing printer tersebut adalah:

– Klik start button lalu klik Devices and Printer untuk membukanya.

– Akan muncul pilihan hardware yang terhubung, pilih gambar printer dan jenis yang digunakan. Klik kanan pada printer lalu akan muncul beberapa pilihan, klik printer properties lalu pilih tab sharing pada halaman tersebut.

– Terdapat tulisan berupa pilihan share this printer, klik kotak kecil pada samping tulisan tersbut sampai terbentuk centang. Anda juga bisa mengganti nama share jika ingin, jika tidak maka nama share yang tertera nantinya adalah nama dan tipe printernya. Setelah itu klik apply, maka printer sudah bisa diakses dari komputer lain.

– Selanjutnya adalah cara menerima share tersebut, buka windows explorer di komputer yang akan menggunakan printer lalu isi ip addres komputer yang melakukan share kemudian tekan enter.

– Akan muncul gambar printer dan nama sharingnya, klik kanan pilih connect. Maka komputer Anda sudah terhubung dengan printer, Anda bisa melakukan print seperti biasa.

  1. Cari lain melalui control panel jika diberi protected sharing
Related Article:  Bongkar Rahasia: Begini Cara Download Video di Facebook

Cara yang kedua masih menggunakan jaringan LAN, sehingga setiap komputer harus dipastikan terhubung. Cara ini dilakukan ketika komputer yang melakukan share menggunakan password untuk login. Sebenarnya bisa saja tetap dilakukan tapi akan lebih rumit karena Anda harus mengisi password sebelum melakukan print. Maka dari itu ini adalah cara sharing printer dengan lebih mudahnya:

– Buka control panel lalu pilih Network and Sharing Center.

– Kemudian klik pada tulisan Change advanced sharing settings, lalu pilih Turn on file and printer sharing.

– Setelah itu klik Turn off password protected sharing agar orang yang mengakases tidak perlu isi password sehingga share bisa dilakukan dengan mudah.

– Jika password sudah dinonaktifkan, maka Anda bisa kembali ke control panel untuk melakukan share. Lalu pilih hardware and Sound akan terdapat berbagai pilihan perangkat yang terhubung, klik View Devices and Printers.

– Klik kanan pada gambar printer dan jenis yang diinginkan lalu klik tulisan see what’s printing. Selanjutnya klik pilihan printer lalu masuk ke tab sharing, klik kotak di samping tulisan share this printer. Langkah selanjutnya sama seperti cara pertama, cara mengaktifkan printer di komputer lain juga sama.

Itulah kedua cara sharing printer yang bisa dilakukan dengan jaringan LAN. Keduanya sebenarnya sama saja hanya yang membedakan adalah penggunaan password atau tidaknya. Anda hanya perlu memastikan jika setiap komputer yang akan dishare telah terhubung. Anda bisa melakukan print dengan mudah dan lebih cepat tanpa harus memindahkan file ke komputer lain. Setiap jenis windows memiliki tampilannya sendiri, tetapi kurang lebih caranya tetap sama.

68 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten

Related Article:  Cara Membuat Email di Gmail GRATIS Cepat dan Mudah