Cara Mudah Sharing Printer Dengan Komputer Lain Pada Windows 10

Cara Mudah Sharing Printer Dengan Komputer Lain Pada Windows 10

Jika anda tidak mengetahui bagaimana cara sharing printer pada Windows 10, maka referensi pada artikel ini mungkin dapat memudahkan proses berbagi printer dengan cukup mudah. Metode berbagai dalam menggunakan printer dari Windows dapat anda simak melalui langkah-langkah berikut ini :

– Pertama, lakukan bentuk pencocokan navigasi melalui menu Printer and Scanner. Letak menu ini sudah pindah yang awalnya berada do Control Panel, kini ada di aplikasi Settings (Start > Settings> Devices> Printer and Scanner). Meskipun anda sebetulnya masih bdapat menemukan menu yang sama hanya dengan menuju Control Panel > Devices and Printers.

– Lalu, cari printer yang ingin berbagi (sharing) dalam daftar printer di sebelah kanan jendela. Sebagai contoh, printer yang akan sharing ialah HP Officejet Pro 6830.

– Lalu Klik kiri pada nama printer tersebut dan akan muncul sebanyak tiga tombol baru.

– Pilih Manage > Printer Properties. Setelah itu, Anda akan berada dalam sebuah tempat yang umumnya sudah terdapat pada Windows sebelumnya.

– Dari titik ini, proses ini mirip dengan apa yang digunakan pada versi sebelumnya dari sistem operasi.

– Selanjutnya, klik ikon Sharing di Printer Properties dan ceklik pada kotak yang bertuliskan Share this printer.

– Klik Apply ketika proses sudah selesai.

– Selanjutnya ialah dengan malakukan pengaturan lanjutan agar memungkinkan orang untuk mengakses printer baru bersama. Namun, printer tidak dapat diakses jika komputer host sedang dalam keaadan sleep atau mati. Anda dapat merubah pengaturan ini pada menu Network and Sharing. Lalu, klik Tab Sharing dari jendela Properti Printer dan akan tersedia sebuah link. Berikut tutorial lengkapnya :

– Arahkan mouse ke Control Panel lalu klik Network and Sharing Center.

Related Article:  Cara Membuat Logo Menarik dan Praktis

– Untuk menghapus persyaratan password, klik Change Advanced Sharing Settings di kolom sebelah kiri. Gulir ke bawah ke pilihan All Networks dan perluas menu.

– Ceklik pada kolom Turn Off Password-Protected Sharing. Sangat penting bagi anda untuk menyadari pengaturan akan mempengaruhi komputer Anda di semua jaringan – baik swasta dan publik. Dengan demikian, sangat bijaksana untuk menonaktifkannya ketika Anda tidak menggunakan jaringan yang dipercaya. Kegagalan untuk melakukannya dapat membahayakan keamanan Anda.

 

– Menghubungkan ke Printer dari Komputer lain.

Lalu berikut ini ialah tutorial bagaimana agar dapat terhubung pada printer melalui konfigurasi yang sudah anda atur tadi:

  1. Buka aplikasi dengan klik Start > Settings lalu menuju Devices > Printer and Scanner.
  2. Selanjutnya akan ada tombol berlabel Add Printeri pojok kanan atas. Klik, dan Windows akan secara otomatis mencari perangkat bersama yang tersedia.
  3. Secara teoritis, printer Anda akan muncul setelah beberapa detik. Jika tidak, Anda dapat mengklik nama dan pilih Add Device. Windows akan mengambil beberapa menit untuk menginstal semua driver yang diperlukan secara otomatis. Selanjutnya akan ada sebuah pesan “Ready” di bawah nama printer ketika pross sudah selesai. Lalu anda dapat memilih printer mana yang akan digunakan untuk mencetak dokumen.
  4. Jika Windows tidak dapat menemukan printer yang sesuai dengan pilihan anda, maka coba untuk klik pada pilihan The Printer That I Want Wasn’t Listed. Anda akan ditampilkan berbagai pilihan untuk menambahkan printer secara manual. Anda dapat mencarinya berdasarkan nama baik itu printer, alamat TCP / IP, atau nama host, memasukkan rincian secara manual, atau meminta Windows untuk melakukan pencarian lebih khusus untuk peralatan yang lebih tua.
99 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten

Related Article:  Cara Membuat Website Wordpress Untuk Pemula