Cara Menggunakan Google Tag Manager No ratings yet.

cara menggunakan google tag manager

Cara menggunakan google tag manager – Google tag manager dibuat untuk mempermudah pengguna website atau blog dalam mengakses berbagai fitur dalam satu halaman. Google tag manager juga sering kali mempermudah tugas marketing karena tidak perlu pindah-pindah halaman untuk mengecek beberapa hal.

Gunakan bantuan jasa adword di https://jasacampaign.com/jasa-google-adwords/ untuk membantu Anda memasang google tag manager di blog atau website Anda secara lebih profesional. Cara untuk menggunakan google tag manager adalah:

cara menggunakan google tag manager

  1. Mendaftar ke google tag manager

Google tag manager sering digunakan jasa adword karena mudah dan efektif. Pertama Anda harus mendaftar ke google tag manager terlebih dulu dengan membuka situs resminya. Begitu masuk ke dalam situs, akan terdapat beberapa pilihan. Kalau Anda ingin mendaftar maka buka pilihan add new account. Tidak seperti proses mendaftar biasa yang mengharuskan Anda untuk mengisi data diri, hanya ada dua kolom yang harus diisi di sini.

Pada tahap pertama, Anda harus mengisi nama akun dan negara. Isi nama akun dengan nama perusahaan Anda, bisa juga dengan nama website. Lalu pilih negara dimana Anda tinggal atau negara dimana Anda mengakses google tag manager nantinya. Setelah itu klik continue dan Anda harus mengisi pertanyaan lagi. Terdapat kolom container name, isilah dengan url atau alamat website Anda. Tinggal copy paste saja alamat website Anda di situ.

Pada bagian bawahnya terdapat beberapa pilihan lagi, klik web. Langkah terakhir adalah klik create dan Anda akan langsung diarahkan ke halaman baru yang berisi kode google tag manager. Perhatikan kode tersebut ada dua yaitu bagian kode head dan kode untuk body. Jangan tutup karena Anda harus mengisi kode tersebut ke blog.

cara menggunakan google tag manager

  1. Masukkan kode ke website dengan plugin

Anda bisa memasukkan kode ke website dengan bantuan plugin. Kebanyakan jasa adword menggunakan plugin karena lebih mudah dari pada manual. Anda harus install dulu pluginnya. Jika sudah terinstal, buka website atau blog Anda. Pada halaman blog akan muncul menu setting, klik setting tersebut lalu klik lagi pada pilihan google tag manager. Anda diharuskan untuk memasukkan google tag manager id yang bisa Anda dapatkan setelah mendaftar google tag manager.

Lalu pada bagian bawahnya, pilih enable untuk auto insert noscript in body. Kemudian klik save change dan google tag manager sudah tersedia di website Anda. Kode google tag manager akan secara otomatis masuk ke dalam website atau blog Anda. Cara ini adalah yang paling mudah dari pada harus memasukkannya secar manual.

  1. Masukkan kode secara manual

Namun, jika Anda ingin mencoba manual tanpa jasa adword, bisa masukkan kode theme blog Anda. Caranya klik admin, lalu pilih install google tag manager. Setelah itu bukalah tab baru yang masuk ke blog Anda. Buka menu theme dan klik edit html, Anda akan disuguhi dengan kode html.

Pada halaman inilah Anda bisa pastekan kode google tag manager yang sudah Anda dapatkan tadi. Paste script head di atas  kode </head> dan paste script body di bawah kode <body> , setelah itu save perubahan Anda. Menggunakan cara manual ini harus berhati-hati jangan sampai Anda salah mengubah kode html karena bisa mengakibatkan perubahan atau malah kerusakan pada tema. Biasanya cara manual hanya dilakukan oleh profesional seperti jasa adword. Jadi sebaiknya gunakan jasa profesional jika Anda ragu melakukannya sendiri.

30 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten