Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Berbagai Faktor Penyebab

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Berbagai Faktor Penyebab

Laptop adalah salah satu perangkat yang sekarang ini banyak digunakan orang. Laptop bukan lagi menjadi barang mewah tetapi bagi beberapa kelompok orang, laptop menjadi barang kebutuhan yang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja bagi mahasiswa dan juga bagi para pegawai. Hampir setiap hari kedua kelompok tersebut menggunakan laptop. Terkadang kendala yang kita temukan dengan laptop yang kita gunakan adalah laptop tersebut lemot saat digunakan.

Kebutuhan akan laptop semakin besar dengan semakin canggihnya teknologi setiap harinya. Sekarang ini sendiri ada berbagai jenis laptop dengan berbagai jenis variasi yang bisa dipilih, dari mulai merk dan spesifikasi yang rendah hingga yang tinggi.

Anda bisa mencari tahu mengenai cara mengatasi laptop lemot. Laptop yang lemot sendiri biasanya seiring dengan lama waktu penggunaannya. Biasanya keadaan lemot ini sendiri biasanya dialami tidak saja oleh laptop yang spesifikasinya rendah tetapi yang spesifikasinya tinggi.

Biasanya ada berbagai penyebab yang membuat hal ini terjadi. Lemot ini sendiri biasanya sangat lambat saat memproses berbagai hal yang mana user lakukan.

Sangat lambatnya laptop ini biasanya akan membuat kita sebagai user menjadi kesal, terlebih pada saat kita sedang memiliki banyak pekerjaan.

Berbagai hal bisa membuat sebuah laptop menjadi lemot. Berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda lakukan :

  • Menguninstall aplikasi yang mana sudah tidak digunakan

Salah satu penyebab yang membuat sebuah laptop dengan umur dibawah dari tiga tahun jadi lemot biasanya dikarenakan terlalu banyaknya aplikasi dimana sudah terinstall, jadi drive c di laptop jadi makin penuh serta membuat sistemnya menjadi semakin lama saat membaca dari hard disknya.

Hal tersebut kemudian sebabkan adanya pembacaan pada hard disk dimana membutuhkan adanya waktu lebih lama. Untuk bisa mengatasinya maka Anda harus mengintsall berbagai aplikasi dimana sudah tidak diperlukan atau juga jarang untuk digunakan.

Related Article:  Cara Menggabungkan Video Secara Mudah

Biasanya berbagai aplikasi dimana sudah diperlukan tersebut tidak sengaja Anda install pada saat Anda asik berselancar serta melakukan download berbagai konten pada website yang tertentu. Sehingga tanpa disadari Anda akan menginstall aplikasi yang mana memang tidak dibutuhkan.

  • Membersihkan desktop

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan membersihkan desktop. Terlalu banyak aplikasi dimana diletakan pada desktop merupakan factor yang membuat sebuah laptop menjadi lemot saat digunakan.

Jika laptop Anda mempunyai kapasitas memori besar maka hal tersebut bukan lah masalah. Tetapi jika banyaknya aplikasi pada dekstor maka bisa membuat laptop Anda jadi terlalu lama saat merespon yang user inginkan.

  • Menggunakan aplikasi yang seperlunya

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan memakai aplikasi yang memang Anda perlukan. Penggunaan dari RAM secara berlebihan menjadi factor yang membuat laptop menjadi lemot.

Biasanya hal tersebut terjadi pada saat user membuka aplikasi terlalu banyak sehingga membuat runningnya terlalu berat. Misalnya saja saat Anda sedang bermain game sekaligus memutar music.

Hal tersebut yang kemudian membuat sebuah laptop jadi semakin lemot. Sebaiknya Anda membersihkan RAM computer yaitu dengan cara menutup berbagai aplikasi atau juga dengan memakai task manager.

  • Remove aplikasi pada startup

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan meremove aplikasi pada startup. Startup sendiri adalah suatu saat laptopnya mulai untuk beroperasi.

Pada saat melakukan startip maka biasanya aplikasi dimana berjalan merupakan aplikasi yang penting, misalnya saja antivirus. Mengusahakan agar tidak begitu banyak aplikasi masuk pada startup.

73 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten

No tags for this post.