Cara Membuat Website WordPress Untuk Pemula

6. Cara Membuat Website Wordpress Untuk Pemula

WordPress adalah CMS paling populer sekaligus paling banyak digunakan. Tampilannya yang mudah dan tidak rumit membuat banyak orang memilih menggunakan WordPress.

WordPress menyediakan layanan untuk blog gratis dan berbayar. Selain itu Anda juga bisa membuat website dengan layanan CMS WordPress. Tentu saja cara membuat website wordpress tidak semudah membuat blog biasa.

Anda memerlukan jasa yang membantu Anda terutama untuk membeli domain dan hosting. Hal ini karena dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat kedua hal tersebut.

Langkah selanjut dalam membuat website di WordPress tidaklah sulit karena WordPress termasuk CMS yang paling mudah digunakan. Anda hanya perlu mengisikan data yang sudah tersedia.

Bahkan meskipun Anda belum ahli dalam WordPress, Anda pasti akan tetap bisa melakukannya. Data-data yang diperlukan biasanya sudah disediakan oleh penyedia hosting, jadi tak perlu khawatir. Berikut ini adalah cara membuat website wordpress yang sederhana:

  1. Beli Domain

Anda bisa memesan domain lewat jasa orang lain. Sebaiknya pilihlah domain TLD berbayar karena jika Anda menggunakan yang gratisan akan terjadi abuse. Penyedia hosting biasanya tidak mau menerima jika Anda menggunakan domain gratisan.

  1. Beli hosting

Langkah selanjutnya adalah membeli hosting. Pastikan Anda memilih hosting dengan spesifikasi minimal 500 MB. Space ini akan digunakan untuk menginstal tema dan plugins. Anda juga bisa memesan hosting dan domain di tempat yang sama.

  1. Pointing domain ke hosting

Jika Anda membeli hosting dan domain di tempat yang berbeda berarti Anda harus melakukan pointing atau mengarahkan domain ke hosting. Anda akan menggunakan nameserver untuk proses ini. Nameserver akan Anda dapatkan dari penyedia hosting yang akan mengirimkannya pada Anda.

  1. Masukkan Nameserver
Related Article:  Cara Membuat Email di Gmail GRATIS Cepat dan Mudah

Buka control panel domain lalu klik manage, pilih nameserver kemudian masukkan nameserver hosting di kolom yang tersedia, setelah itu klik change nameserver. Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu, biasanya membutuhkan waktu paling lama satu hari tergantung kualitas hosting.

  1. Instal wordpress di Hosting

Anda bisa menggunakan cPanel sebagai control panel. Login ke cPanel lalu klik WordPress pada kolom Softaculous Apps Installer. Kemudian langsung klik Instal Now.

  1. Isi beberapa bagian

Ada beberapa kolom yang harus Anda isi, yaitu protocol dan site name, deskripsi, username dan password.

Pada bagian choose protocol isi sesuai protocol yang digunakan, jika Anda pakai SSL pilih HTTPS, tapi jika tidak, cukup gunakan HTTP.

Kemudian isi choose Domain dengan domain yang Anda digunakan. Isi nama website di bagian site name, isi deskripsi, dan username password yang akan digunakan untuk login.

  1. Isi database name

Jangan lupa bahwa Anda juga harus mengisi nama database karena bagian ini terlihat tersembunyi dan sering terlewatkan.

Klik tanda + pada bagian samping Advanced Setting. Lalu isikan database dan table prefix. Pada bagian ini Anda juga bisa menyesuaikan tema dan isilah nama email Anda. Setelah itu klik Install.

  1. Masuk ke website

Setelah selesai Anda tinggal masuk akun website Anda. Untuk login, Anda harus masuk ke ke link www.Nama-Domain-Anda.com/wp_admin.

Selanjutnya Anda tinggal masukkan username dan password. Website sudah bisa Anda gunakan dan setting sesuka Anda.

 

Mungkin cara membuat website wordpress terlihat rumit dan susah. Tapi sebenarnya Anda hanya perlu ketelitian karena ada banyak hal penting yang harus diisi. Asal Anda tetap melakukannya dengan hati-hati maka tidak akan sulit.

Related Article:  Cara Cepat Memperkecil Ukuran PDF

Anda hanya perlu mengikuti langkahnya, proses yang dibutuhkan pun juga tidak lama.

65 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten