Berapakah Budget Digital Marketing Yang Efektif Untuk Mendulang Kesuksesan?

Bicara tentang digital marketing tentu sangatlah luas dan tidak ada habisnya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan secara online, salah satu cara yang efektif adalah menggunakan digital marketing.

Kenapa Digital Marketing?

Karena dengan digital marketing, sarana promosi yang kita lakukan bisa terarah dan terukur dengan detail. Banyak perusahaan besar yang dahulu yang core business nya offline kini merambah ke dunia online, seolah tak ingin ketinggalan (contoh kompas.com)

Manfaat menjalankan kampanye digital marketing:

Menjalankan digital marketing adalah sebuah keputusan yang tepat di era serba digital/online seperti saat ini. Kita bisa memperkenalkan produk/jasa kita kepada calon customer yang ingin kita tuju dengan tools digital marketing yg efektif seperti Google Ads, Social Media Ads, dan lain-lain.

Tools digital marketing ini sendiri memiliki keunikan dan kekuatan masing-masing dan bisa kita sesuaikan dengan arah bisnis kita. Google Ads contohnya, dengan Google search Ads kita bisa menjangkau calon customer tetap sasaran dengan membidik keyword apa yg ingin mereka ketik. Contoh “jual kemeja kantor” dengan itu kita bisa menyisipkan iklan kita di hasil pencarian Google, jenis iklan ini biasa disebut Google search ads.

Sarana kampanye digital marketing yang lain yang lain adalah Social Media Advertising. Salah satu contoh iklannya adalah Facebook/Instagram/Linkedin Ads. Prinsip iklan ini adalah menargetkan iklan ke pengguna yang memiliki interest sesuai dengan target market kita. Jika kita ingin menjual produk “kemeja kantor” makaniklan tersebut kita arahkan agar tampil ke orang pekerja kantoran, dengan metode ini social media advertising menampilkan iklan by interest dari audience yang telah kita pilih.

Lalu, berapa budget digital marketing yang efektif untuk mendongkrak penjualan secara siginifikan? Jawabannya adalah tergantung seberapa besar calon customer yang ingin Anda dapatkan. Jika kita sudah tahu seberapa besar calon customer yang ingin kita dapatkan, pertimbangan lainnya adalah berpengaruh pada tingkat kompetisi yang ada untuk kategori bisnis Anda.

Related Article:  Psikologi Warna dalam Marketing dan Branding

Jika Anda ingin membangun sebuah BRAND, maka diperlukan persiapan budget digital marketing untuk memperkenalkan produk Anda kepada pasar, agar produk Anda dikenal terlebih dahulu oleh calon customer. Jika calon customer Anda sudah mengenal Brand Anda dan tertarik dengan produk yang Anda jual, maka step selanjutnya adalah menjalankan promosi hard selling yaitu dengan menggunakan strategi remarketing.

Budget digital marketing

Membangun sebuah Brand yang besar memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, semakin besar target audience yg ingin dicapai, semakin besar pula biayanya. Saran saya adalah alokasikan budget sesuai dengan kocek yang Anda miliki, lalu lakukan strategi marketing itu dengan terukur dan detail selama dan sesudah campaign dilakukan.

Sebagai contoh Anda menjalankan campaign branding dengan budget digital marketing 100 juta selama sebulan, maka step selanjutnya adalah melakukan campaign retargeting yaitu menawarkan best seller produk Anda ke calon customer dengan cara hard selling. Contoh budget hard selling Anda adalah 50 jt, maka Anda perlu mengukur budget 100+50 jt tersebut selama campaign berjalan apakah telah sukses mendongkrak penjualan Anda?

Intinya adalah tidak melulu budget branding yang Anda keluarkan kali ini bisa langsung cepat balik modal dalam waktu dekat, itu bisa sebagai sarana investasi kedepan untuk mengejar target audience yg telah mengenal brand Anda dikemudian hari (di waktu yang tepat)

Lalu channel iklan dan strategi apakah yang efektif untuk menjalankan budget digital marketing yang ada?

Jika budget digital marketing Anda terbatas, Anda ingin fokus terhadap hard selling dan closing secara cepat makan gunakanlah Google Ads. Namun Anda hanya bisa memaksimalkannya sebatas seberapa banyak kata kunci yg orang cari setiap bulannya.

Jika Anda ingin produk dikenal oleh lebih banyak orang maka investasikanlah budget digital marketing Anda di social media advertising terlebih dahulu untuk memperkenalkan BRAND Anda. Lalu teruskan dengan campaign Google search Ads sebagai sarana hard selling-nya.

Related Article:  Tutorial Lengkap Cara Screenshoot Di Laptop

Bicara soal campaign branding dan campaign retargeting tidak hanya ada Jasa Google Ads dan Social Media Advertising saja. Anda juga bisa memaksimalkan dengan membangun email list seperti email marketing, web push notification, organic search dan lain-lain.

Intinya adalah untuk mendulang kesuksesan promosi produk/jasa Anda diperlukan tools yg tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika campaign Anda sudah berjalan dan Anda ingin memperbesar nama Brand Anda? Maka perbesarlah budget BRANDING produk Anda. Jika Anda ingin fokus selling, maka perbesarlah budget Retargeting Anda.

Well, mengelola budget digital marketing tidaklah mudah, butuh keterampilan khusus dan jam terbang pengalaman yang tinggi agar campaign digital marketing Anda berjalan lebih efektif. Jika Anda butuh jasa digital marketing profesional untuk mendorong penjualan bisnis Anda, kami siap membantu Anda memberikan solusi dan hasil yang terbaik.

Salam,

Pram Nurcholby Mandala.,S.SI

Summary
239 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten