Aneka Alat Musik Tradisional Asal dan Cara Memainkannya

Aneka Alat Musik Tradisional Asal dan Cara Memainkannya

Musik adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mempersatukan perbedaan. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Ada banyak sekali jenis tradisi yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dimana didalamnya sendiri ada banyak sekali kebudayaan. Budaya sendiri merupakan sesuatu yang asalnya dari suatu suku. Salah satu keberagaman yang ada di Indonesia adalah alat music. Alat music sendiri yang ada di Indonesia ada banyak sekali tersebar dari sabang hingga merauke. Oleh karenanya Anda perlu mengetahui berbagai alat music tradisional asal dan cara memainkannya.

Dengan mengetahui keberagaman alat music yang ada di Indonesia maka kita bisa menjadi lebih mengetahui cara untuk melestarikannya. Berbagai alat music yang ada di Indonesia ini dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan cara memainkannya. Berikut adalah berbagai alat music tradisional asal dan cara memainkannya yang sebaiknya Anda ketahui :

  1. Aramba

Aramba adalah alat music dimana asalnya adalah Nias di Sumatera Utara. Alat music ini sediri dibuat dari tembaga, logam atau juga kuningan. Alat music tersebut masuk dalam jenisnya yaitu idiofon serta memainkannya adalah dengan cara dipukul memakai stik kayu. Pada saat aramba dibunyikan, dahulu merupakan sebuah pertanda bahwa adanya pesta pada tempat tersebut. Seiring berkembangnya jaman, alat music ini digunakan untuk mengiri sebuah tari atau pagelaran.

  1. Angklung

Angklung merupakan sebuah alat music dimana asalnya adalah Jawa Barat. Kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya harus berbangga dikarenakan alat music ini merupakan warisan dari kebudayaan dunia dimana sudah ditetapkan Unesco di tahun 2010 dimana kategorinya sendiri adalah Masterpiece of oral and intangible heritage of humanity. Alat music tersebut dibuat dari bambung dimana pada bagian ujungnya dipotong. Untuk memainkannya, sangatlah mudah, yaitu dengan digoyangkan sesuai pada nada yang ada sampai dengan mengeluarkan suara.

  1. Bedug

Bedug merupakan salah satu alat music yang berasal dari Indonesia. Alat music ini adalah sebuah symbol keagamaan serta politik. Alat music ini dibuat dari sebuah kayu yang besar dimana dilubangi pada bagian tengahnya jadi seperti bentuk tabung. Kemudian lubang tersebut memakai kulit binatang dimana dikeringkan. Kulit binatang yang digunakan misalnya saja sapi, kerbau, banteng atau juga sapi. Indonesia dengan mayoritas beragama islam menjadikan bedug sebagai sebuah bagian dari masjid untuk menandakan waktu untuk sembahyang telah tiba. Suara yang khas sendiri dihasilkan oleh bedug dengan bernada berat dan juga rendah jadi bisa terdengan sampai dengan jarak yang lumayan jauh.

  1. Bende

Bende adalah alat music dimana asalnya adalah lampung. Apabila dilihat, alat music tersebut sama seperti Aramba serta pembedanya dari segi warna saja. Bende sendiri memainkannya dengan dipukul memakai pemukul yang khusus. Dahulu, alat music ini memiliki fungsi untuk pertanda agar berkumpul di alun-alun. Berkumpul di alun-alun guna menandakan raja akan mengumumkan suatu hal. Seiring berjalannya waktu, bende memiliki fungsi untuk mengiri pada acara dari kesenian local.

  1. Cengceng

Cengceng adalah alat music yang asalnya dari Bali. Alat music tersebut masuk pada jenis idiofon. Cara memainkan alat musik yang satu ini dengan meletakan cengceng pada kedua telapak Anda  kemudian dibenturkan sampai dengan mengeluarkan suara.

Berbagai alat music tradisional asal dan cara memainkannya tersebut tentunya bisa menambahkan pengetahuan kita tentang Indonesia.

94 Views
Please follow and like us:

Nilai Kualitas Konten